Tentang si Empunya Blog

Think Smart to live well

01 Agustus 2009

DAIKON (Lobak Jepang)


Daikon lebih dikenal dengan sebutan lobak Jepang, merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan masakan Jepang. Anataralain dalam pembuatan acar, salad, hiasan makanan ataupun disajikan amatang bersama sup miso aatau dengan oden. Jenis Daikon yang sering dijumpai di Jepang adalah jenis Aokubi daikon, yakni daikon yang berwarna putih dengan kehijauan dibagian pangkalnya dan memiliki bentuk menyerupai wortel namun ini ukurannya lebih besar, panjangnya bisa mencapai 20-35cm denagn diameter 5-10cm. daikon biasanya diawetkan dimusim gugur dengan cara di takuan (acar) atau dijadikan kiriboshi daikon (potongan daikon yang dikeringkan), karena daikon ini mudah sekali busuk dan menguning. Jadi kalo ingin menyimpan daikon ini harus ditempat sejuk, bila ingin taruh dikulkas sebaiknya dibersihkan dahulu dan pisahkan dengan daunnya agar lebih awet.
Kandungan yang dimiliki daikon:
Daikon mengandung viatamin C dan enzim amylase, daunnya mengandung karoten, vitamin C, kalsium, dan lain-lain. Kandungan kalori yang terdapat dalam daikon sangat sedikit, yaitu sekitar 18 kalori setiap 85 gr daikon, daikon juga tak memilki kandunga lemak, sehingga baik untuk dijadikan lauk bagi yang sedang berdiet atau vegetarian. Di bagian umbinya atau paling ujung daikon ini, memiliki rasa yang paling tajam tetapi bila dipanaskan maka akan terasa manis.


0 comments:

Posting Komentar

 

About Me

Photo Flipbook Slideshow Maker

Im just no longer entirely mine... then I just can sing out: I believe You're my Healer I believe You are all I need You hold my world in Your hands I believe You're my portion I believe You're more than enough for me.. You're all I need.

Followers

By The Way Blog this!

Apa yang tertulis di Blog ini adalah mengenai info - info seputar masalah kesehatan dan gaya hidup sehat,, Setiap pembaca bebas menanggapi atau sekedar ikut menikmati atau mau berbagi pengetahuan atau kisah seputar kesehatan... tentulah boleh ! It's a Smart Ways to live well Rakyat Sehat,, Bangsa Kuat !! Sebab Sehat itu Mahal !!

Think Smart to live well Copyright © 2009 Community is Designed by HOME