Tentang si Empunya Blog

Think Smart to live well

05 Agustus 2009

Dapat Nutrisi yang terbaik!!


Apa yang diharapkan dari makanan yang kita makan?? Tentu nilai gizinya bukan!!
Tapi sudahkah anda benar cara mengolah makanan agar nilai nutrisinya tidak hilang banyak saat diolah??
Agar makanan yang diolah tidak kehilangan kandungan gizinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni:
·      Sebaiknya hindari masakan rebusan, lebih baik dikukus sebab kandungan nutrisinya lebih baik ditimbang direbus, lagipula makanan lebih menarik warnanya dan rasanya lebih manis.
· Buat lebih banyak makan buah potong atau utuh ditimbang jus, karena bila dijus serat yang terkandung dalam buah akan banyak yang hilang.
· Usahakan makan sayur dan buah yang bervariasi, karena bila bervariasi buah dan sayurnya maka kita akan dapatkan variasi nutrisi yang diperlukan tubuh.
· Kurangi asupan sodium dan hindari makan makanan siap saji. Karena makanan tersebut biasanya ada zat pengawet atau zat kimia. Lagipula makanan siap saji adalah makanan yang belum matang sempurna.
· Hindari makan buah kaleng, bila terpaksa maka pilihlah buah kaleng yang dalamnya 100% persen jus atau air buah dan bukan sirup.
· Hindari pemakaian garam dengan minyak, karena memiliki kadar kolesterol yang tinggi.
· Pilihlah sayuran dan buah serta daging yang segar, jangan yang sudah dipress seperti yang sudah di supermarket. Karena itu membuat makanan cepat busuk.
· Jika ingin disimpan dalam kulkas, maka usahakan bersihkan dahulu agar makanan tidak cepat layu atau busuk.


0 comments:

Posting Komentar

 

About Me

Photo Flipbook Slideshow Maker

Im just no longer entirely mine... then I just can sing out: I believe You're my Healer I believe You are all I need You hold my world in Your hands I believe You're my portion I believe You're more than enough for me.. You're all I need.

Followers

By The Way Blog this!

Apa yang tertulis di Blog ini adalah mengenai info - info seputar masalah kesehatan dan gaya hidup sehat,, Setiap pembaca bebas menanggapi atau sekedar ikut menikmati atau mau berbagi pengetahuan atau kisah seputar kesehatan... tentulah boleh ! It's a Smart Ways to live well Rakyat Sehat,, Bangsa Kuat !! Sebab Sehat itu Mahal !!

Think Smart to live well Copyright © 2009 Community is Designed by HOME