Tentang si Empunya Blog

Think Smart to live well

01 Agustus 2009

Waspadai Plastik, sebelum pakai!!


Dahulu kebanyakan orang membeli makanan seperti bakso atau mie ayam, menggunakan mangkok atau rantang. Seiring majunya teknologi dan dituntut ekstra cepat dan praktis, kini menggunakan rantang atau mangkok sudah tidak efisien.
Kebanyakan orang atau penjual menggunakan plastic atau Styrofoam. Selain lebih simpel dan praktis, juga lebih modern. Tapi, justru lebih aman menggunakan mangkok ditimbang Styrofoam?? Kenapa??
Styrofoam merupakan salah satu jenis plastik yang terbuat dari polystyrene yang dicampur bahan khusus dengan blowing agent.
Polystyrene itu sendiri merupakan jenis plastic yang dihasilkan dari proses polimerasi stryrene monomer.
 
Nah, bahan stryrene monomer inilah yang menjadi pusat perhatiaan para peneliti, dikarenakan stryrene monomer bila terkena suhu panas atau lemak akan berpindah tempat, jadi bila Styrofoam sudah menjadi pengemas makanan, makanannya beruhu panas atau berlemak maka stryrene monomer itu akan bermigrasi kedalam makanan kita. Otomatis makanan kita pun telah tercemar dengan zat tersebut dan tentunya itu akan mengganggu kesehatan tubuh kita. Menurut Kepala Lab. Polimer Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Agus Haryono menyebutkan bahwa semua plastic yang terbuat dari bahan kimia pada dasarnya dapat mengganggu kesehatan tubuh. Apalagi bila peruntukan plastic dan produk yang penurunannya tidak sesuai. Bahkan pada binatang percobaan saja, akumulasi zat-zat aditif yang bermigrasi kedalam makanan dapat menyebabkan perubahan hormone, hermafrodit, keguguran, bahkan tidak tanggung – tanggung kanker pun bisa terjadi.
Tips aman menggunakan plastic!!
1. Usahakan menggunakan sekali pakai
2. Hindari makanan yang mengandung lemak dan susu
3. Gunakan untuk makanan dan minuman yang bersuhu dibawah 60 derajat celcius.
4. Hindari penggunaan microwave
5. Bila menggunakan kantong plastic, gunakan yang berwarna bening dan polos.

0 comments:

Posting Komentar

 

About Me

Photo Flipbook Slideshow Maker

Im just no longer entirely mine... then I just can sing out: I believe You're my Healer I believe You are all I need You hold my world in Your hands I believe You're my portion I believe You're more than enough for me.. You're all I need.

Followers

By The Way Blog this!

Apa yang tertulis di Blog ini adalah mengenai info - info seputar masalah kesehatan dan gaya hidup sehat,, Setiap pembaca bebas menanggapi atau sekedar ikut menikmati atau mau berbagi pengetahuan atau kisah seputar kesehatan... tentulah boleh ! It's a Smart Ways to live well Rakyat Sehat,, Bangsa Kuat !! Sebab Sehat itu Mahal !!

Think Smart to live well Copyright © 2009 Community is Designed by HOME