Tentang si Empunya Blog

Think Smart to live well

01 Agustus 2009

Nutrisi Teh !!!


Selalu ada fakta baru mengenai khasiat teh. Yang terakhir menyebutkan minum teh tak hanya menimbulkan efek menenangkan diri, tapi juga dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah osteoporosis, dan bermanfaat bagi kesehatan jantung!
Tak heran bila masyarakat Negri bunga sakura gemar minum teh. Bahkan tidak sedikit masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa pun terkenal dengan hobi minum teh. Mungkin Teh yang biasa dikonsumsi adalah teh hitam atau teh hijau. Teh hitam yang dipercaya untuk menambah stamina dan teh hijau yang dipercaya dapat merampingkan tubuh. Namun jenis teh tidak sekedar teh hijau atau hitam saja, hati – hati dalam memilih teh, karena beberapa jenis teh ada yang aman dikonsumsi dan juga tidak, yakni :
1. Rooibos, jenis teh ini aman untuk dikonsumsi. Teh yang berasal dari Afrika Selatan, dengan cita rasa manis dan renyah seperti kacang. Biasanya teh ini dikenal dengan teh merah Afrika Selatan dan digolongkan dalam teh herbal. Menurut para ahli, teh ini diperkaya nutrisi polifenol, yang berfungsi sebagai antioksidan pencegahan kanker.
2. The Puith, jenis daun teh ini sebenarnya sama dengan teh hitam dan teh hijau yang aman dikonsumsi. Yang diambilnya adalah pucuk daun paling muda, lalu dikeringkan dengan cara diuapkan, bukan dijemur. Dan selama penguapan, pucuk daun teh berubah menjadi warna putih hingga akhirnya mongering. Teh putih kaya antioksidan dan katekin ini, seduhannya memiliki sifat antibakteri dan virus. Sehingga aman untuk dikonsumsi.
3. Chai, teh yang satu ini aman diminum sedikit, karena teh hitam ini dikenal dengan rasa pahit, sehingga saat peminuman biasanya dicapur dengan kayu manis, cengkeh, atau kapulaga. Ada juga yang mencampurnya dengan susu atau krimmer. Tapi sebaiknya anda dapat mencampurnya dengan madu atau susu kedelai, agar manfaat yang anda dapat selain antioksidan juga stamina yang fit.
4. Pu-erh, teh yang satu ini aman diminum sedikit, karena teh ini mengalami fermentasi hingga puluhan tahun sama seperti wine. Semakin lama disimpan makan cita rasanya makin baik dan mantap. Teh ini sangat digemari para orang yang ingin melangsinkan tubuhnya / menurunkan berat badan. Walaupun sebenarnya belum ada kepastian teh ini dapat memberikan efek untuk menurunkan berat badan. Teh ini memiliki banyak sekali kandungan kafein, sehingga dapat menyebabkan sakit kepala dan jantung berdebar apabila diminum terlalu banyak.
5. Kombucha, teh yang perlu dihindari tetapi juga memiliki manfaat besar untuk menyembuhkan segala penyakit. Kombucha merupakan produk olahan tradisional yakni hasil rendaman teh hitam dan gula yang difermentasi berhari – hari. Perlu dihindari, karena teh ini memiliki efek samping yang cukup serius, yakni mual, nyeri lambung, alergi, bahkan keracunan.

0 comments:

Posting Komentar

 

About Me

Photo Flipbook Slideshow Maker

Im just no longer entirely mine... then I just can sing out: I believe You're my Healer I believe You are all I need You hold my world in Your hands I believe You're my portion I believe You're more than enough for me.. You're all I need.

Followers

By The Way Blog this!

Apa yang tertulis di Blog ini adalah mengenai info - info seputar masalah kesehatan dan gaya hidup sehat,, Setiap pembaca bebas menanggapi atau sekedar ikut menikmati atau mau berbagi pengetahuan atau kisah seputar kesehatan... tentulah boleh ! It's a Smart Ways to live well Rakyat Sehat,, Bangsa Kuat !! Sebab Sehat itu Mahal !!

Think Smart to live well Copyright © 2009 Community is Designed by HOME